ok

MAHASISWA AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM PPL DI KABUPATEN PAGAR ALAM

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah mata kuliah wajib yang haris diambil oleh seluruh mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam, mata kuliah ini ditawarkan pada semester VI. Mata kuliah ini disajikan  untuk mengembangkan kemampuan  mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan yang mampu memahami dan mempraktekkan berbagai amaliah peribadatan dan ilmu social kemasyarakatan. PPL dilakukan mahasiswa untuk memberikan kesempatan agar dapat mempraktikkan berbagai macam teori yang mereka terima di bangku perkuliahan.

Fakultas Ushuluddin melaksanakan kegiatan PPL bagi Mahasiswanya yang akan disebar ke seluruh wilayah Kabupaten Pagar Alam, baik Pagar Alam Selatan, Pagar Alam Tenggah dan Pagar Alam Utara. Untuk Prodi Aqidah dan Filsafat Islam  di ikuti 90 mahasiswa  dan selebihnya Prodi lain seperti Ilmu al-quran dan tafsir, Ilmu Hadits, dan Studi Agama-Agama yang jumlah keseluruhan mahasiswa PPL 375 mahasiswa.

Seperti, Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Kelompok 7 dan 8 yang berkesempatan melaksanakan kegiatan PPL di Kelurahan Burung Dinang dan Kelurahan Bumi Agung Kecamata Dempo Utara Kota Pagar Alam.

Selama 10 hari ke depan, para mahasiswa dan mahasiswi akan melakukan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan dan social keagamaan, seperti mengisi kegiatan kultum pada setiap sholat Maghrib maupun subuh, menjadi khatib jumat, menjadi imam sholat dan memberikan pengajaran Ilmu alquran dan praktek ibadah pada anak-anak, santri yang ada di lokasi PPL. Selanjutnya mahasiswa juga ikut membantu membersihkan lingkungan, membantu masyarakat berkebun dan juga kegiatan  social kemasyarakatan lainnya.

Terlihat begitu antusias mahasiswa dan mahasiswi mengamati cara menanam wortel yang dilakukan petani, dari mulai pemberian pupuk kandang hingga penaburan bibit wortel.

Kegiatan demi kegiatan dilakukan dengan penuh semangat oleh mahasiswa, dimulai dengan membantu mengajar dan juga mengajar mengaji di  TK TPA Masjid Nurul Iman di Kelurahan Burung Dinang dan juga di masjid-masjid lain yang tersebar di kota Pagar Alam.

Kegiatan PPL ini dilaksanakan selama 10 hari dimulai dari hari Rabu tanggal  8 September 2021 samapai tanggal 17 September 2021.

Pada akhir kegiatan PPL,  Mahasiswa AFI Fakultas Ushuluddin mengadakan acara perpisahan kepada warga sekitar yang selama kegiatan PPL telah mengajarkan banyak hal kepada mereka. Terutama kepada pemilik rumah yang selama 10 hari ditempati mahasiswa.

Terlihat acara perpisahan begitu mengharukan, karena diketahui mahasiswa dan mahasiswi begitu dekat dengan warga sekitar, sehingga terbangun rasa kekeluargaan ditengah kegiatan PPL tersebut.

Tags: No tags

Comments are closed.