OK KULTAM

KULIAH TAMU PRODI AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG BERSAMA DEKAN FUDA UIN BANTEN DR. MUHAMMED HUDAERI,MA

Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin UIN Raden Fatah Palembang melaksanakan Kuliah Tamu. Kuliah tamu tersebut dilaksanakan di Ruang Munaqasyah Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Kegiatan ini merupakan wujud MOA dari kedua belah pihak, yang sebelumnya Fak.Ushuluddin UIN Raden Fatah telah melaksanakan kunjungan dan MOU dengan dengan Fakultas Ushuluddin dan Adab UIN Sultan Hasanuddin  Baten. Kunjungan dan kuliah tamu ini diterima langsung oleh Dekan Fak.Ushuluddin UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Ris’an Rusli, M.Ag, para Wakil Dekan, Kaprodi, Sekprodi, Dosen, KTU, para kasub, serta tenaga kependidikan.(15/10/2021)

Acara Pembukaan penyambutan ini dipandu oleh 3 MC dari Mahasiswa dengan 3 Bahasa, Deswita Kahiraini (Bahasa Arab), Mega Windi Antika (Bahasa Inggris) dan Dike Mandala Putra (Bahasa Indonesia), dalam pembukaan acara dilaksanakan Pembacaan Ayat Suci al-Quran oleh mahasiswa Thohir Usman, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars UIN Raden Fatah Palembang.

Dekan Fushpi UIN Raden Fatah, Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA menyambut hangat kedatangan rombongan Fakultas Ushuluddin dan Adab UIN Sultan Hasanuddin Banten ini, beliau berharap kerjasama antar dua institusi ini bisa terus bejalan dengan baik, saling memberikan informasi, ilmu serta pengalamannya. Beberapa waktu yang lalu Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah ini pernah berkunjung ke FUDA UIN Sultan Hasanuddin Banten, sebagai wujud Mou kedua belah pihak, dan kujungan ini merupakan kunjungan balasan sekaligus wujud MoA dengan melaksanakan kegiatan Kuliah Tamu. Dan semoga dalam kesempatan lain kedepannya kami bisa berkunjung Kembali dan saling mengisi kegiatan baik dalam bentuk kuliah tamu, seminar, jurnal, visiting Lecturer dan kegiatan akademik lainnya.

Sambutan selanjutnya Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab UIN Sultan Hasanuddin Banten, Dr. Mohammad Huadaeri, M.Ag, beliau berterimakasih telah diterima disambut dengan baik, alhamdulillah perjalanan ke luar sumatera ke kota Palembang sangat mengesankan, bagi beberapa dari kami ini banyak yang belum sama sekali menyebrang ke Pulau Sumatera dan perjalanan ini merupakan pengalaman baru yang menyenangkan. Beliau juga mengingat dan berterimakasih karena beberapa waktu yang lalu Bapak Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA merupakan Asesor Akreditasi Prodi Aqidah dan Filsafat Islam FUDA UIN Sultan Hasanuddin Banten. Dalam sejarah IAIN Banten itu perjalanannya sangat berliku, berawal dari swasta dan beberapa kali bergabung dengan berbagai UIN, UIN di Jogja, Jakarta maupun Bandung, dalam pengalaman UIN Raden Fatah lebih baik dari kami, lebih dahulu menjadi Universitas, kami harus banyak belajar dari UIN Raden Fatah dalam tahap tahap pengembangan kelembagaan. Di FUDA UIN Sultan Hasanuddin Banten, telah diuji coba perkuliahaan luring (luar jaringan) secara terbatas oleh beberapa dosen setelah hampir 2 tahun terakhir masa pandemi perkuliahan dilakukan secara daring, ternyata keasyikan kuliah daring dirumah itu tidak mudah juga untuk mengembalikan kebiasaan terdahulu kuliah tatap muka langsung datang kekampus, oleh karena itu kami berpikir gimana supaya para dosen dan staff ini bergairah kembali melaksanakan perkuliahan luring dan datang kekampus. Kami berpikir para dosen dan staff harus direfresh dahulu melihat dunia luar sambil belajar dari pengalaman orang diluar, kita harus berani belajar dari orang lain untuk maju, berani bertarung dan percaya diri menghadapi peradaban baru modern ini. Semoga kita bisa berbagi Ilmu dan kedatangan kami ini juga bisa memberi manfaat dan pengalaman juga khususnya untuk Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang

Pada akhir acara penyambutan dilakukan penyerahan cinderamata oleh Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA Kepada Dekan FUDA UIN Sultan Hasanuddin, selanjutnya Acara penyambutan ini ditutup dengan do’a oleh Mahasiswa Muhammad Hernadi dan kegiatan selajutnya diadakan Kuliah Tamu dari FUDA UIN Sultan Hasanuddin kepada Mahasiswa Prodi Aqidah dan Filsafat Islam, Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir dan Prodi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang.

Tags: No tags

Comments are closed.