afi visit23

VISITING LECTURER: ISLAM REVOLUTIF:MENGGAGAS KOSMOPOLITANISME PERADABAN ISLAM MODERAT

Prodi Aqidah dan Filsafat Islam UIN Raden Fatah Palembang mengadakan Visiting Lecturer yang dilaksanakan di Gedung Perkuliahan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama agama UIN Raden Raden Intan Lampung, Senin, 27 Februari 2023. Sebelum dilaksanakan Visiting Lectur ini, antara Fakultas dan Prodi melaksanakan dialog kelembagaan yang menggagas tentang kegiatan dan tindak lanjut kegiatan dari MoU yang telah disepakati Bersama yakni tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. Diawali dengan sambutan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Agama Lampung.Dalam sambutannya Dr.Ahmad Isnaeni,M.Ag  sangat antusias dan senang atas kunjugan dari UIN Raden Fatah Palembang. Dalam candanya bahwa UIN Raden Fatah merupakan  Orang Tua Dari Fak.Ushuluddin dan Studi Agama Agama UIN Raden Intan Lampung. Secara historis memang UIN Raden Intan bagian dari UIN Raden Fatah (SUMBAGSEL).

Selanjutnya sambutan dilanjutkan ke dekan Fak.Ushuluddin UIN Raden Fatah Palembang Prof.Dr.Risan Rusli, dalam sambutannya beliau mengucapkan banyak terimakasih atas sambutan dan layanan yang luar biasa. Dalam sambutan dan candanya ia mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan orang tua kepada anaknya, melihat anaknya yang sudah sukses tidak salah bila orang tua ingin mengetahui bagaimana anak ini bisa sukses.Selanjutnya dilanjutkan dialog kelembagaan dan Prodi dengan kegiatan Visiting Lecturer.

   Acara Visiting Lecturer ini diawali dengan  sambutan Kaprodi AFI Fak.Ushuluddin  dan Studi Agama Agama Raden Intan Lampung Bpk.Ahmad Zaini,MA yang menyambut  dan memperkenalkan dosen dan staff AFI Fak.Ushuluddin dan Studi Agama Agama Raden Intan Lampung. Kemudian dilanjutkan sambutan Kaprodi AFI Fak.Ushuluddin UIN Raden Fatah Palembang bpk. Jamhari, M.Fil.I, pada sambutanya Jamhari mengharapkan agar kegiatan-kegiatan akademis seperti ini  bisa dikembangkan lebih lanjut, baik dalam bentuk pertukaran dosen, narasumber dalam beberapa kegiatan dan juga bisa saling mengisi jurnal Prodi masing-masing, dan juga kegiatan akademik lainnya. Kaprodi sangat antusias akan ini dan sangat mengharapkan kedepan AFI Fak.Ushuluddin Raden Intan Lampung bisa hadir sebagai kunjungan balasan ke AFI  Fak.Ushuluddin dan Pemikiran Islam  UIN  Raden Fatah Palembang.

Selanjutnya dilanjutkan dengan pelaksanaan Visiting Lecturer yang disampaikan oleh Dr.Alfi Julizun Azwar,M.Ag dosen tetap Prodi AFI  Fak.Ushuluddin UIN Raden Fatah Palembang.Visiting Lecturer ini bertemakan tentang Islam Revolutif:Menggagas Kosmopolitanisme Peradaban Islam Moderat. Dengan dihadiri puluhan mahasiswa AFI Fak.Ushuluddin dan Studi Agama Agama Raden Intan Lampung  yang dilaksanakan secara offline.

Dalam pembahasannya Dr. Alfi Julizun Azwar ,M.Ag mengawali pembicaraanya tentang peluang dan tantangan Prodi Aqidah dan Filsafat Islam dalam menhadapi tantangan  Zaman. dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang maka Mahasiswa AFI harus mempunyai kemampaun lebih, tidak hanya dengan materi kuliah saja tetapi juga dengan keterampilan terapan yang mendampingi keilmuan AFI. Selanjutnya Dr.Alfi Julizun Azwar melanjutkan materinya tentang Fenomena Islam di Era Modern dengan  memunculkan berbagai macam aliran dan pemahaman tentang Islam. Islam Liberal,Transitif, Inklusif, Substantif, Kontektual, Simbolik, Formalistik, Tradisionalis, Neo Sufistik, modernis, normative, moderat kiri dan radikal.  Fenomena ini yang patut dipahami oleh umat Islam khususnya mahasiswa AFI bahwa pada hakekatnya Islam hanya satu namun pemahaman akan Islam memiliki corak dan pemikiran yang beragam. Yang intinya bahwa jagan sampai pemahaman kita tentang ajaran Islam akan membawa pada pemahaman yang ekstrim dan merasa benar sendiri yang akan membahayakan Humanisme beragama dan bisa berakibat disintegrasi bangsa.

Selanjutnya acara visiting Lecturer ini ditutup dan photo Bersama  dengan Prodi dan Mahasiswa AFI Fak.Ushuluddin dan Studi Agama Agama Raden Intan Lampung.

Tags: No tags

Comments are closed.