afi vl feb 2024

VISITING LECTURER : BAHASA ARAB MENDUNIA DI PRODI AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM DARI FUSA UIN MATARAM

Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram mengadakan Visiting Lecturer yang dilaksanakan di Gedung Perkuliahan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam di UIN Raden Fatah Palembang Jumat, 23 Februari 2024. Sebelum dilaksanakan Visiting Lectur ini, antara Fakultas dan Prodi melaksanakan dialog kelembagaan Benchmarking dan diseminasi Hasil penelitian. Diawali dengan sambutan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Dalam sambutannya Prof, Dr. Ris’an Rusli, M.Ag sangat antusias dan senang atas kunjugan dari Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram.

Selanjutnya sambutan dilanjutkan oleh Wakil  Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agam Dr. H. Muhammad Taufik, Lc., M.H.I dalam sambutannya beliau mengucapkan banyak terimakasih atas sambutan dan layanan yang luar biasa. Dalam sambutan dan candanya ia mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan pertama ke tanah leluhur karena ternyata beliau memiliki darah keturuna Palembang yag kakeknya dulu tinggal di 16 Ilir Palembang. Selanjutnya dilanjutkan dialog kelembagaan dan Prodi dengan kegiatan Visiting Lecturer.

Acara Visiting Lecturer ini diawali dengan  sambutan Kaprodi AFI Fak.Ushuluddin  dan Pemikiran Islam BapakJamhari, M.Fil.I, pada sambutanya Bapak Jamhari mengharapkan agar kegiatan-kegiatan akademis seperti ini  bisa dikembangkan lebih lanjut, baik dalam bentuk pertukaran dosen, narasumber dalam beberapa kegiatan dan juga bisa saling mengisi jurnal Prodi masing-masing, dan juga kegiatan akademik lainnya.

Dan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Visiting Lecturer yang disampaikan oleh dosen tetap Prodi pemikiran Politik Islam UIN Mataram Bapak Abdul Karim, M.Hum. Dengan dihadiri puluhan mahasiswa AFI Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Raden Fatah Palembang  yang dilaksanakan secara offline.

Dalam  visiting Lecturer ini, bapak abdul karim memyampaikan bahwa Bahasa Arab itu sangat penting dalam dunia keilmuan apalagi dalam dunia Islam terkhusus dalam prodi Aqidah dan Filsafat Islam karena Bahasa Arab menjadi dasar dalam memahami keilmuan Islam yang ada. Maka dari itu penting bagi semua untuk memiliki tabungan kosa kata bahasa arab agar dapat memahami dunia dengan sebenarnya.

Tags: No tags

Comments are closed.