afi ngopi

NGOBROL PERKARA ILMU (NGOPI) HMPS AFI FUSHPI UIN RADEN FATAH

Sabtu, 5 Desember 2020. Ngobrol Perkara Ilmu (NGOPI) yang diselenggarakan oleh HMPS Aqidah dan Filsafat Islam kali ini mengangkat tema “Karya Tulis Ilmiah: Makalah dan Proposal Skripsi” dengan menghadirkan narasumber dari dosen Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam yaitu ibu Nuraini, M.Hum.

Karya tulis ilmiah merupakan salah satu bagian dari ciri khas mahasiswa/akademisi sebagai alat ‘komunikasi’ kaum intelektual. Banyak dosen-dosen yang sudah mengusulkan untuk mengkaji/mempelajari karya tulis di kegiatan Ngobrol Perkara Ilmu dan syukur alhamdulilah hari ini usulan tersebut dapat terealisasi serta akan dilangsungkan secara kontinyu ke depannya.

Pada kesempatan kali ini, ibu Nuraini, M.Hum selaku narasumber menyampaikan bahwa mempelajari tata cara menulis karya ilmiah itu sangatlah penting bagi mahasiswa/akademisi. “Memahami kaidah-kaidah dan pedoman-pedoman penulisan karya ilmiah merupakan suatu keharusan bagi mahasiswa karena pada akhir masa kuliah mahasiswa akan menyusun yang namanya skripsi”, terang ibu Nuraini.

Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa mahasiswa kerap ‘asal-asalan’ dalam menyusun karya ilmiah khususnya makalah. Tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa banyak mahasiswa ketika mendapat tugas menyusun makalah maka mereka tinggal ‘comot’ atau copy paste saja dari Google tanpa mempertimbangkan pedoman-pedoman kepenulisan yang baik dan benar khususnya yang sesuai dengan pedoman karya tulis Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang. Lebih lanjut, dalam kesempatan kali ini narasumber juga menjelaskan apa saja bagian-bagian di dalam makalah dan proposal skripsi beserta apa itu Latar Belakang, Rumusan Masalah, Outline, Footnote, Daftar Pustaka dan Penutup.

“Jika mahasiswa mulai membiasakan diri untuk menulis karya ilmiah sesuai pedoman yang telah ditentukan, maka ia akan terlatih dan tidak akan menemui kesulitan yang amat berarti ketika menyusun proposal dan skripsi nantinya”, sambung ibu Nuraini dengan tegas.

Dengan adanya kegiatan Ngobrol Perkara Ilmu ini, kepengurusan HMPS Aqidah dan Filsafat Islam berharap mampu memfasilitasi diskusi dan menambah wawasan bagi teman-teman mahasiswa di luar jam kuliah. (Ardinal)

Tags: No tags

Comments are closed.