1csis afi

THE 3rd CONFERENCE ON ISLAMIC AND SOSIO-CULTURAL STUDIES PRODI AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM FUSHPI UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Prodi Aqidah dan Filsafat Islam mengikuti kegiatan Conference on Islamic and Sosio-Cultural Studies yang dilaksanakan di Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kelas menulis Forum Dekan Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia dan dilaksanakan dari tanggal 16 sampai dengan 18 November 2021. Dari 87 peserta yang berpartisipasi dalam kelas menulis tersebut, 55 artikel berhasil tuntas dan dapat dipresentasikan dalam Conference on Islamic and Sosio-Cultural Studies (CISS).

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dan online yang diikuti sebanyak 87 peserta dari PTKI se-Indonesia. Dari 87 peserta tersebut, yang dinyatakan lolos dan berhak mempresentasikan artikelnya dalam acara Conference on Islamic and Sosio-Cultural Studies adalah berjumlah 55 artikel. Nantinya, setelah dipresentasikan, artikel-artikel tersebut akan diterbitkan apabila telah memenuhi syarat-syarat layak jurnal.

Dekan Fushpi, Prof. Dr. Ris’an Rusli, M. Ag mengungkapkan rasa bangga dan senang hati dalam melepas kelima delegasi mahasiswa Fushpi untuk mengikuti acara CISS tersebut. Andika Putra menjadi perwakilan dari prodi Aqidah dan Filsafat Islam untuk berpartisipasi mempresentasikan artikelnya dalam konferensi internasional tersebut.”Senang sekali rasanya bisa mengikuti event internasional semacam ini. Semoga kegiatan ini dapat menambah ilmu dan wawasan saya dalam hal kepenulisan ilmiah”, ujar Andika. Dan sebagai wujud rasa bangga dan memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap prestasi yang diberikan oleh salah satu mahasiswanya, Kaprodi AFI Jamhari,M.Fil.I mendampingi langsung dalam kegiatan tersebut.

Hari pertama (17/11/2021), seluruh peserta mengikuti acara pembukaan CISS yang dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Rosihon Anwar, M. Ag (Wakil Rektor I UIN SGD Bandung) dan Dr. Wahyudin Darmalaksana, M. Ag (Dekan Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung). CISS 2021 ini mengangkat tema “Contestation and Religious Authority in Global Media Space”. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber internasional yaitu Prof. Amina Wadud (Professor Emeritus of Islamic Studies, America), Nadirsyah Hosen (Monash University, Australia), Dr. Abdul Syukur (UIN Sunan Gunung Djati, Bandung), Prof. Rachmah Ida, Ph.D (Universitas Airlangga, Surabaya) dan Taufiqurrahman, Ph.D (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Hari kedua (18/11/2021),  para peserta CISS mempresentasikan artikelnya dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini berlangsung online dan offline. Presentasi dari para delegasi fushpi berlangsung offline dan diulas langsung oleh dekan Fakultas Ushuluddin, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M. Ag dan Dr. Dadang sebagai reviewer kedua. Adapun Andika Putra yang merupakan perwakilan dari prodi AFI UIN Raden Fatah Palembang mempresentasikan artikelnya yang berjudul “Wasathiyah Azyumardi Azra’s Islamic Thought as a Way of Religious Moderation” (Pemikiran Islam Wasathiyah Azyumardi Azra sebagai Jalan Moderasi Beragama). Para peserta mempresentasikan artikelnya dengan baik dan diberi beberapa masukan dari reviewer agar artikelnya semakin baik dan layak untuk diterbitkan.(Jamhari)

Tags: No tags

Comments are closed.