Screenshot 2023-08-01 155710

Mahasiswa AFI Perluas Wawasan tentang Pentashihan Al-Quran di LPMQ Kemenag RI Jakarta

Rombongan mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) melakukan kunjungan ke Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Kemenag RI di Jakarta pada Jum’at, 14 Juli 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua LPMQ Dr. Zainal Arifin, M.A, Ketua Tim Pentashih Qur’an, Bapak Deni, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, jajaran Kasub, Kaprodi AFI Jamhari, M.Fil. I, Sekprodi AFI Sofia Hayati, M.Ag, beserta Kaprodi dan Sekprodi di Lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang. Kunjungan ini dalam rangka kuliah umum dengan tema Proses Pentashihan Al-Quran di LPMQ Kemenag RI.

Dalam penyampaiannya, Ketua Tim Pentashih Qur’an, Bpk Deni menyampaikan tupoksi LPMQ ini diantaranya Pentashihan, pembinaan, pengembangan dan pengkajian Qur’an. “Mahasiswa yang ingin belajar qiro’at boleh magang di sini, belajar teknik Pentashihan” pungkasnya
Selain itu ia menyampaikan bahwa LPMQ sekarang sedang mengembangkan Qur’an Kemenag dalam bentuk digital.

Jamhari, M.Fil.I selaku Kaprodi AFI ditemui di sela-sela kegiatan menyampaikan bahwa mahasiswa AFI juga perlu mengetahui proses Pentashihan Al-Quran. “Mahasiswa AFI perlu dibekali wawasan proses pentashihan Al-Qur’an sbg pengetahuan dan diharapkan nantinya dapat mengedukasi masyarakat jika ditemukan kesalahan dalam pencetakan Alquran dapat disampaikan ke LPMQ” Ujar Kaprodi AFI. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Riset dan Wawasan Nusantara (Risantara) mahasiswa FUSHPI. (Sof)

Tags: No tags

Comments are closed.